Tinjauan terhadap Kemampuan Mahasiswa dalam Memecahkan Masalah pada Materi Fungsi dalam Mata Kuliah Matematika Diskrit
Keywords:
Modibi, Pembelajaran RICOSRE, ADDIE, Pemecahan Masalah, Pembelajaran DaringAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi bahan ajar bernama Modibi. Pengembangan Modibi dilakukan sebagai solusi atas keterbatasan materi pembelajaran, khususnya dalam konteks pembelajaran daring atau jarak jauh. Selain itu, Modibi dirancang untuk membantu meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah. Peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE dalam proses perancangannya, yang mencakup lima tahap, yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Untuk menilai efektivitas Modibi, digunakan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Data dianalisis menggunakan skor N-Gain, dan hasil menunjukkan bahwa Modibi yang dikembangkan dengan pendekatan pembelajaran RICOSRE terbukti cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa, dengan skor N-Gain sebesar 0,4 yang tergolong dalam kategori efektivitas sedang.