Pemanfaatan Metode Game Based Learning sebagai Upaya Peningkatan Minat dan Motivasi Belajar
Keywords:
Minat Belajar, Motivasi Belajar, Game-Based Learning, Pascapandemi Covid-19, Teknologi PendidikanAbstract
Permasalahan rendahnya minat dan motivasi belajar siswa merupakan aspek penting yang memengaruhi keberhasilan pembelajaran. Salah satu faktor utama yang berpengaruh adalah metode pembelajaran yang digunakan guru, yang seharusnya dirancang sesuai dengan kebutuhan siswa. Kurangnya penerapan metode pembelajaran yang menarik serta kesulitan beradaptasi dengan kondisi belajar pasca pandemi Covid-19 perlu segera diatasi. Penelitian ini bertujuan untuk memperkenalkan Game-Based Learning sebagai strategi alternatif dalam menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi siswa di era pascapandemi. Diharapkan pendekatan ini dapat diterapkan oleh guru sebagai solusi untuk mempercepat adaptasi pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi melalui permainan, sehingga mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan kajian literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Game-Based Learning (GBL) efektif sebagai solusi dalam menciptakan pembelajaran yang menarik, menyenangkan, serta meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa melalui aktivitas belajar berbasis permainan.